Pages

Wednesday, November 27, 2013

RPP Kelas 4 SD Semester 1 Mata Pelajaran IPA








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Pokok Bahasan         : Rangka Manusia dan Kegunaannya
Sekolah                       : SDN Tegal Gede 1
Kelas / Semester        : IV A / 1
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit



1.      Standar Kompetensi       :
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
2.      Kompetensi Dasar           : 
Mendeskripsikan hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya
3.      Indikator Pencapaian     :
·         Mampu menyebutkan macam – macam sendi
·         Mampu menjelaskan fungsi rangka manusia
4.      Tujuan Pembelajaran     :
·         Setelah mendengarkan penjelasan guru tentang persendian, siswa mampu mendefinisikan dan menyebutkan macam – macam sendi
·         Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan fungsi rangka manusia dengan benar

5.      Materi dan Alat/Media Pembelajaran  : 


·         Materi
·         Sendi tulang
·         Fungsi ranga manusia
·         Alat/Media     :
·         Gambar rangka manusia
6.      Metode dan Model Pembelajaran         :
·         Metode Pembelajaran           : Ceramah, tanya jawab, Kerja Kelompok dan tugas



·         Model Pembelajaran             :  Word Square

7.      Skenario Pembelajaran
·         Pendahuluan
-        Salam pembuka
-        Guru dan siswa berdo’a bersama
-        Mengabsensi siswa
-        Apersepsi : Guru menunjukkan gambar rangka manusia kepada siswa, kemudian mengajak siswa mengingat/mengulang kembali materi rangka-rangka manusia pada pertemuan sebelumnya. Kemudian mengajak siswa untuk berdiri kemudian menyuru anak untuk untuk mengangkat tangan, menggerakkan lengan, dan berjalan ditempat. kemudian memberi pertanyaan “mengapa kita dapat mengangkat tangan? berjalan? Siapa yang bisa menjawab?” guru menampung jawaban siswa sehingga guru dapat menghubungkan dengan tujuan pembelajaran
-        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Kegiatan inti
o   Eksplorasi
-       Guru menjelaskan tentang macam – macam sendi
-       Guru memberikan penjelasan tentang fungsi rangka manusia
o   Elaborasi
-       Guru meminta siswa mensimulasikan gerakan – gerakan sendi menunjukkan dan menyebutkan bagian – bagian rangka manusia beserta fungsi rangka penyusun tubuh manusia
-       Guru memberi kesempatan pada siswa yang belum faham untuk bertanya
-       Guru membentuk kelompok terdiri dari 5 sampai 6 siswa, kemudian guru meminta ketua kelompok mengambil LKS yang telah disediakan guru
-       Guru menjelaskan petunjuk pengerjaan tugas LKS
-       Guru membimbing kelompok dalam mengerjakan kegiatan yang ada di LKS
-       Guru meminta perwakilan kelompok maju ke depan untuk membahas hasil pekerjaan kelompoknya kemudian guru menginformasikan kunci jawaban yang benar serta melibatkan siswa sehingga siswa dapat memahami berbagai jenis sendi
-       Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang berprestasi berupa pujian
o   Konfirmasi
-       Guru bertanya jawab dengan siswa tentang hal – hal yang belum diketahui
-       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
·         Penutup
-       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini
-       Guru memberikan tindak lanjut
8.      Sumber Pelajaran           :
·         Buku paket IPA SD kelas 4
·         Buku LKS
9.      Penilaian                          :
a.       Teknik Penilaian                   : Tes Tulis, kinerja
b.      Instrument Penilaian            : Terlampir






Lampiran
Text Box: Kelompok         :……………….
Nama Anggota            :
1.      4.
2.      5.
3.      6.

Lembar kerja siswa (LKS)



Sub Pokok Bahasan :  Rangka manusia dan fungsinya
Petunjuk             :          

ü  Isilah titik – titik di bawah ini dan cocokkan dengan kata – kata yang ada didalam tabel.
ü  Arsirlah kata – kata yang sesuai dengan jawaban kamu pada tabel tersebut.
ü  Pilih tiga anak untuk mengerjakan soal dan sisanya mencocokkan jawaban dengan kata – kata dalam tabel.
Soal !!
1.        Coba gerakkan siku – siku atau lututmu, sendi yang terdapat pada siku – siku atau lutut adalah sendi …………………
2.        Sendi yang dapat digerakkan ke ……………….. arah di sebut sendi peluru.
3.        Persendian tempat tulang yang satu menggeser tulang yang lain seperti pada tulang pengupil dengan tulang hasta adalah sendi ………………..
4.        Sendi pelana adalah sendi yang dapat di gerakkan ke ………………arah.
5.        Contoh sendi peluru terdapat pada pertemuan antara tulang ………………….. dengan tulang panggul dan tulang bahu dengan tulang……………. atas
6.        Sendi ……………………. memungkinkan tulang yang satu berputar mengeliligi tulang lainnya.
7.        Karena memiliki rangka, tubuh kita memiliki ……………….. sehingga kita dapat membedakan tinggi, rendah, besar, kecil dan sebagainya
8.        Bentuk rangka manusia sangat kokoh sehingga kita dapat berdiri tegak, berjalan, bahkan berlari dengan cepat. Oleh karena itu rangka manusia berfungsi untuk …………………….. dan menguatkan tubuh.
9.        Selain fungsi di atas, rangka tubuh kita juga berfungsi sebagai tempat………………….. otot sehingga kita otot dapat menggerakkan tubuh kita.
10.    Rangka juga dapat …………………….. bagian – bagian tubuh yang lunak,seperti otak, jantung, paru – paru dan sebagainya.
Cocokan jawabanmu dengan kata kata pada tabel dan arsir dengan pensil tulis!

A
M
E
L
E
K
A
T
N
Y
A
M
S
E
K
T
O
L
Y
U
Q
O
N
E
B
N
I
A
R
E
O
P
D
U
I
L
E
E
M
E
N
G
S
E
L
R
E
I
N
G
O
P
R
I
E
N
T
I
G
N
T
A
D
U
A
L
G
E
S
E
R
D
U
K
E
T
I
B
A
F
G
I
E
U
K
K
L
A
H
A
L
E
N
G
A
N
S
A
M
R
E
M
A
J
R
O
T
G
I
N
O
U
T
P
A
H
A
M
O
I


Kunci Jawaban

1.      Engsel                                     6.         putar
2.      Segala                                      7.         bentuk
3.      Geser                                       8.         menegakkan
4.      Dua                                         9.         melekatnya
5.      Paha, lengan                            10.       melindungi



M
E
L
E
K
A
T
N
Y
A
M

E









E
B
N









L
E
E

E
N
G
S
E
L


I
N
G

P


E




N
T
A
D
U
A

G
E
S
E
R
D
U
K

T


A




U
K
K

A


L
E
N
G
A
N

A

R


A




G

N



P
A
H
A


I


Pedoman penilaian LKS
Kriteria Penilaian kelompok ( diskusi )
Aspek
Kriteria
Nilai
Konsep
·         Semua benar
·         Sembilan jawaban benar
·         Delapan jawaban benar
·         Tujuh jawaban benar
·         Enam jawaban benar
·         Lima jawaban benar
·         Empat jawaban benar
·         Tiga jawaban benar
·         Dua jawaban benar
·         Satu jawaban benar
·         Semua salah
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1
0

Kerjasama
·         Bekerjasama
·         Kadang-kadang kerjasama
·         Tidak bekerjasama
4
2

1
Partisipasi
·         Aktif berpartisipasi
·         Kadang-kadang aktif
·         Tidak aktif
4
2
1




Lembar Penilaian
No.
Nama Siswa
Produk
Jumlah Skor
Nilai*
Konsep
Kerjasama
Partisipasi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32






*Nilai = (jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10

No comments:

Add support


Support


Web Hosting
lazada.co.id
ExactSeek: Relevant Web Search