Pages

Friday, May 18, 2012

Profil Guru Ideal


  1. Profil guru ideal yang dapat menjawab tantangan kebutuhan dalam era global adalah
  • ü  guru yang memiliki kompetensi sehingga mempengaruhi terjadinya tujuan pembelajaran. Kompetensi yanga harus dimiliki guru ideal meliputi :
1.      kompetensi pedagogik, yaitu
a)      mampu mengidentifikasi dan memahami karakteristik peserta didik dari aspek sosial, moral, kultural, emosional dan intelektual
b)      mampu memfasilitasi pengem­bangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya
c)      menguasai teori belajar dan prinsip­prinsip pembelajaran yang mendidik
d)      mampu merancang pembelajaran yang mendidik,
e)      mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik,
f)       mampu merancang penilaian proses dan hasil belajar,
g)      mampu melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar,
h)      mampu menggunakan hasil penilaian untuk berbagai kepen­tingan pembelajaran dan pendidikan.
2.      kompetensi kepribadian,yaitu :
a)      mampu bertindak secara konsiten sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia
b)      mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa
c)      mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang berakhlak mulia sebagai tauladan bagi peserta didik dan masyarakat
d)     mempunyai rasa bangga menjadi guru, dapat bekerja mamdiri, mempunyai etos kerja, rasa percaya diri dan tanggung jawab yang tinggi
e)      berprilaku jujur dan disegani
f)       mampu mengevaluasi diri dan kinerja secara terus menerus
g)      mampu mengem­bangkan diri secara berkelanjutan dengan belajar dari berbagai sumber ilmu
h)      menjunjung tinggi kode etik profesi guru.


Silabus Berkarakter
Silabus ini di buat demi menyelesaikan tugas maa kuliah Pendidhkan Terpadu
RPP Berkarakter
Rpp ini di buat demi menyelesaikan tugas maa kuliah Pendidhkan Terpadu
RPP Berkarakter kelas IV
Contoh - contoh Rpp Berkarakter kelas IV semester

3.      kopetensi sosial, yaitu:
a)      mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
b)      mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santu dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan
c)      mampu berkomu­nikasi secara efektif, empatif dan santun dengan orang tua peserta didik dan masyarakat
d)     bersikap kooperatif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi
e)      mampu beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keberagaman sosial budaya.
4.      kompetensi profesional, yaitu
a)      memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar bidang keahliannya
b)      mampu memilih dan mengembangkan materi pelajaran
c)      menguasai materi, struktur, dan konsep pola pikir keilmuan yang mendukung bidang keahlian
d)      menguasai metode untuk melakukan pengembangan ilmu dan telaah kritis terkait dengan bidang keahlian
e)      kreatif dan inovatif dalam penerapan bidang ilmu yang terkait dengan bidang keahlian
f)       mampu mengembangkan kurikulum dan silabus yang terkait dengan bidang keahlian
g)      mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembe­lajaran,
h)      mampu berkomunikasi dengan komunitas profsi sendiri dan profesi lain secara lisan maupun tulisan
i)        mampu memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran, berkominikasi dan mengembangkan diri sebagai seorang guru.



  • ü  Kualifikasinya minimal S1 keatas
  • hasil kerja yang dicapai oleh seorang guru harus sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya sebagai guru dalam rangka upaya mencapai tujuan pembelajaran secara legal, tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral dan etika

No comments:

Add support


Support


Web Hosting
lazada.co.id
ExactSeek: Relevant Web Search