Pages

Friday, May 18, 2012

Kemajemukan Ras, Etnik dan Agama Nusantara


BAB 1. PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
            Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari banyak ras,suku bangsa (etnik), serta agama berbeda yang tersebar di hamparan kepulauan dari Sabang sampai Merauke. Ras menyangkut ciri-ciri jasmani pada manusia yang diwariskan secara turun temurun. Ciri-ciri jasmani manusia secara rasial meliputi warna kulit, tinggi badan, tipe dan warna rambut, bentuk tengkorak, bentuk kelopak mata, golongan darah. Pembagian ras paling tua dilakukan oleh Biomenbach, dengan menggunakan kriteria warna kulit. Berdasarkan warna kulit, di dunia ada lima jenis ras, yaitu : ras putih (Kausasid), kuning (Mongolid), hitam (Negrid atau Ethiopid),merah (Indian) dan coklat atau sawo matang (Melayu).
            Etnik memiliki dimensi wujud dan isi kebudayaan yang yang berbeda. Masing-masing etnik memiliki sistem budaya, sistem sosial, dan kebudayaan fisik yang tidak sama. Demikian pula dimensi isi kebudayaan, yang berupa bahasa, sistem teknologi, system mata pencaharian hidup atau ekonomi, organisasi sosial, sistem pengetahuan, kesenian, dan religi.
            Indonesia mempunyai enam agama yaitu: Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu. Beragama berarti berusaha terus menerus untuk menyempurnakan diri, menghindari segala yang tidak harmonis dengan cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada sesama serta kepada alam lingkungan sekitarnya.
Mengingat Indonesia sebagai bangsa yang majemuk dan memiliki keanekaragaman Etnik, Ras, Agama. Maka sangat memerlukan proses integrasi, yang dilandasi oleh cita-cita dan tujuan yang sama, adanya saling pendekatan dan kesadaran untuk bertoleransi dan saling menghormati karena dampak dari kemajemukan ini sangat potensial terjadinya konflik/ pertentangan. Kecenderungan terjadinya konflik di Indonesia sangatlah besar, untuk itu hendaknya setiap warga masyarakat di Indonesia harus menyadari dan mempunyai cita-cita bersama sebagai bangsa Indonesia.









     1.2  Rumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan Ras, Etnik, dan Agama ?
2.      Bagaimana Ras, Etnik dan Agama di Indonesia ?
3.      Bagaimana menyatukan kemajemukan Ras, Etnik, Agama di Indonesia ?

Silabus Berkarakter
Silabus ini di buat demi menyelesaikan tugas maa kuliah Pendidhkan Terpadu
RPP Berkarakter
Rpp ini di buat demi menyelesaikan tugas maa kuliah Pendidhkan Terpadu
RPP Berkarakter kelas IV
Contoh - contoh Rpp Berkarakter kelas IV semester

    1.3  Tujuan makalah

1.      Untuk mengetahui pengertian Ras, Etnik, dan Agama
2.      Untuk mengetahui macam Ras, Etnik dan Agama
3.      Untuk menyatukan kemajemukan Ras, Etnik dan Agama






download makalah ini klik link ini








No comments:

Add support


Support


Web Hosting
lazada.co.id
ExactSeek: Relevant Web Search