Pages

Friday, March 30, 2012

Pengertian Ranah Penilaian Kognitif,Afektif, dan Psikomotor

Ranah kognitif : adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Menurut Bloom, segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif.  Ranah kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi. Dalam ranah kognitif itu terdapat enam aspek atau jenjang proses berfikir, mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam jenjang atau aspek yang dimaksud adalah:

1. Pengetahuan: menyebutkan, menunjukkan, menyatakan, menyusun daftar dsb.

2. Pemahaman : menjelaskan, menguraikan, merumuskan, menerangkan, menyadur dsb.

3. Penerapan : mendemonstrasikan, menghitung, menghubungkan, membuktikan, dsb.

4. Analisis :memisahkan, mmemilih, membandingkan, memperkirakan dsb.

5. Evaluasi : menyimpulkan, mengkritisi, menafsirkan, memberi argumentasi, dsb

6. Kreasi : mengkombinasikan, mengarang, menciptakan, mendisain, mengatur dsb

Silabus Berkarakter
Silabus ini di buat demi menyelesaikan tugas maa kuliah Pendidhkan Terpadu
RPP Berkarakter
Rpp ini di buat demi menyelesaikan tugas maa kuliah Pendidhkan Terpadu
RPP Berkarakter kelas IV
Contoh - contoh Rpp Berkarakter kelas IV semester

Ranah afektif : adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku. Seperti: perhatiannnya terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam, kedisiplinannya dalam mengikuti mata pelajaran agama disekolah, motivasinya yang tinggi untuk tahu lebih banyak mengenai pelajaran agama Islam yang di terimanya, penghargaan atau rasa hormatnya terhadap guru pendidikan agama Islam dan sebagainya.

Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu: (1) receiving (2) responding (3) valuing (4) organization (5) characterization by evalue or calue complex

1. Penerimaan : menanyakan, memilih, mengikuti, menjawab, melanjutkan, dsb

2. Partisipasi : melaksanakan, membantu, menawarkan diri, menyambut, dsb

3. Penilaian : melaksanakan, mengambil prakarsa, mengusulkan, membela dsb.

4. Organisasi : berpegang pada, mengintegrasikan, mengubah, mempertahankan dsb

5. Pembentukan Pola : bertindak, menyatakan, memperlihatkan, mempersoalkan dsb



Ranah Psikomotor : adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya. Hasil belajar ranah psikomotor dikemukakan oleh Simpson (1956) yang menyatakan bahwa hasil belajar psikomotor ini tampak dalam bentuk keterampilan (skill) dan kemampuan bertindak individu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku).


1. Persepsi : membedakan, menunjukkan, memilih, menghubungkan dsb

2. Kesiapan (menyiapkan diri fisik/mental) : mengawali, bereaksi, mempersiapkan, menanggapi,

memprakarsai, dsb.

3. Gerakan terbimbing (meniru contoh) : mempraktikan, mengikuti, mengerjakan, membuat,

mencoba, dsb.

4. Gerakan terbiasa (berpegang pada pola): mengoperasikan, memasang,

mendemonstrasikan, mengerjakan, dsb.

5. Gerakan kompleks (berketerampilan secara lancar,luwes,gesit): mengoperasikan,

mendemonstrasikan, mengerjakan, dsb.

Penyesuaian pola gerak bervariasi dan kreatif : mengubah, mengadaftasikan, membuat

variasi, merancang, menciptakan, mendesain, merencanakan dsb.


No comments:

Add support


Support


Web Hosting
lazada.co.id
ExactSeek: Relevant Web Search