Pages

Sunday, May 20, 2012

PENGENTASAN KEMISKINAN


BAB I
Pendahuluan
1.1        Latar Belakang
                       
                        Permasalahan yang tengah dihadapi oleh dunia adalah kemiskinan. Kemiskinan lahir bersamaan dengan keterbatasan sebagian manusia dalam mencukupi kebutuhannya. Kemiskinan telah ada sejak lama pada hampir semua peradaban manusia. Pada setiap belahan dunia dapat dipastikan adanya golongan konglomerat dan golongan melarat. Dimana golongan yang konglomerat selalu bisa memenuhi kebutuhannya, sedangkan golongan yang melarat hidup dalam keterbatasan materi yang membuatnya semakin terpuruk.
                        Dalam hal ini, penyebab kemiskinan sangat kompleks, sehingga perspektif dalam melihat berdasarkan persoalan real dalam masyarakat tersebut. Persoalan real dalam masyarakat biasanya karena adanya kecacatan individual dalam bentuk kondisi dari kelemahan biologis, psikologis, maupun kultural sehingga dapat menghalanginya untuk memperoleh peruntungan untuk dapat memajukan hidupnya. Kelompok yang masuk dalam golongan yang tidak beruntung, yaitu kemiskinan fisik yang lemah, kerentaan, keterisolasian dan ketidakberdayaan.
                        Sebagai masalah yang menjadi isu global disetiap negara berkembang, wacana kemiskinan dan pemberantasanya haruslah menjadi agenda wajib bagi para pemerintah pemimpin negara. Peran serta pekerja sosial dalam menagani permasalahan kemiskinan sangat diperlukan, terlebih dalam memberikan masukan (input) dan melakukan perencanaan strategis tentang apa yang akan menjadi suatu kebijakan dari pemerintah. Oleh karena itu penulis dalam makalah ini ingin membahas tentang “pengentasan kemiskinan” yangmana diharapkan dapat menjadi salah satu panduan dalam menghadami permasalahan kemiskinan.




1.2        Rumusan masalah
         Dalam makalah ini penulis akan membahas tentang:
1.      Apa pengertian kemiskinan?
2.      Apa saja faktor penyebab kemiskinan?
3.      Bagaimana dampak dan cara mengatasinya?
4.      Apa saja yang harus diprioritaskan dalam pengentasan kemiskinan?

1.3        Tujuan
         Tujuan disusunnya makalah ini adalah:
1.      Mengetahui pengertian kemiskinan
2.      Mengetahui faktor penyebab kemiskinan
3.      Mengetahui dampak dan cara mengatasinya
4.      Mengetahui apa saja yang harus diprioritaskan dalam pengentasan kemiskinan









Silabus Berkarakter
Silabus ini di buat demi menyelesaikan tugas maa kuliah Pendidhkan Terpadu
RPP Berkarakter
Rpp ini di buat demi menyelesaikan tugas maa kuliah Pendidhkan Terpadu
RPP Berkarakter kelas IV
Contoh - contoh Rpp Berkarakter kelas IV semester


BAB II
PEMBAHASAN

2.1        Pengertian Kemiskinan
                        Dalam kamus ilmiah populer, kata “Miskin” mengandung arti tidak berharta (harta yang ada tidak mencukupi kebutuhan) atau bokek. Adapun kata “fakir” diartikan sebagai orang yang sangat miskin. Secara Etimologi makna yang terkandung yaitu bahwa kemiskinan sarat dengan masalah konsumsi. Hal ini bermula sejak masa neo-klasik di mana kemiskinan hanya dilihat dari interaksi negatif (ketidakseimbangan) antara pekerja dan upah yang diperoleh.
                        Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka perkembangan arti definitif dari pada kemiskinan adalah sebuah keniscayaan. Berawal dari sekedar ketidakmampuan memenuhi kebutuhan konsumsi dasar dan memperbaiki keadaan hingga pengertian yang lebih luas yang memasukkan komponen-komponen sosial dan moral. Misal, pendapat yang diutarakan oleh Ali Khomsan bahwa kemiskinan timbul oleh karena minimnya penyediaan lapangan kerja di berbagai sektor, baik sektor industri maupun pembangunan. Senada dengan pendapat di atas adalah bahwasanya kemiskinan ditimbulkan oleh ketidakadilan faktor produksi, atau kemiskinan adalah ketidakberdayaan masyarakat terhadap sistem yang diterapkan oleh pemerintah sehingga mereka berada pada posisi yang sangat lemah dan tereksploitasi. Arti definitif ini lebih dikenal dengan kemiskinan struktural. 

Download file ini untuk dapat melanjutkan pembahasan 

  Langkah - Langkah mendownload

pertama "klik link di".
lalu akan membuka jendela baru dan muncul tampilan seperti gambar lalu klik" SKIP AD "



lalu muncul laman ziddu dan klik download pada laman ziddu

setelah itu akan muncul gambar

nah masukkan huruf dan angka yg tertera ke dalam "Verification Code"
lalu klik  "download "

Selamat mencoba
 

No comments:

Add support


Support


Web Hosting
lazada.co.id
ExactSeek: Relevant Web Search