Pages

Monday, October 3, 2011

BAB II PENALARAN DALAM MATEMATIKA



Setiap orang pernah dan bahkan hampir setiap saat melakukan kegiatan berpikir karena setiap kesan yang ditangkap oleh panca inderanya selalu akan diproses di dalam alam pikirannya. Melihat suatu peristiwa, orang akan berpikir tentang penyebabnya, bagaimana kronologis kejadiannya, siapa saja yang mengalami, bagaimana kondisi mereka, bagaimana kelanjutan persitiwanya, atau apa yang harus dilakukan menanggapi peristiwa tersebut, atau seandainya orang acuh tak acuh terhadap peristiwa yang dilihatnya, paling tidak ia akan berpikir: “peduli apa dengan peristiwa itu, yang penting aku melanjutkan kegiatanku”. Mendapati sepeda motor yang tiba-tiba mogok, orang tentunya akan berpikir tentang apa yang menyebabkan, mungkinkah bensinnya sudah habis, atau businya harus diganti, atau karburatornya bermasalah, lalu bagaimana memperbaikinya, adakah bengkel terdekat, dan bahkan mungkin orang tidak hanya berpikir tentang kerusakan sepeda motor, tetapi mungkin juga tentang keterlambatan sampai di tempat kerja, alasan-alasan yang akan diberikan pada atasan, dan sebagainya. Mendengar suara-suara yang mencurigakan, orang akan berpikir tentang apa yang tengah terjadi, suara apa, darimana asalnya, jika membahayakan bagaimana mengantisipasinya. Merasakan bahwa teh yang akan diminum masih panas, mungkin orang akan berpikir untuk membuka tutup gelasnya, atau merendam gelasnya di air dingin, atau meniupnya supaya segera hangat dan dapat diminum, atau bisa juga berpikir untuk menunggunya sampai cukup hangat atau cukup dingin untuk diminum. Singkatnya, setiap kesan yang ditangkap oleh indera manusia akan menjadikannya melakukan kegiatan berpikir.
Kegiatan berpikir tidak hanya terjadi sebagai akibat dari aksi yang terjadi di luar diri seseorang, tetapi juga dilakukan oleh orang sebelum ia melakukan suatu tindakan maupun  ucapan. Pada saat sepeda motor mogok, orang akan berpikir tentang penyebab kerusakan dan bagaimana langkah penanganannya sebelum melakukan tindakan perbaikan. Pada saat mendapat pertanyaan, orang akan berpikir dulu sebelum menjawabnya. Sebelum memimpin sebuah rapat, seseorang akan berpikir tentang agenda permasalahan yang akan dibicarakan, dan sebagainya.
Dari sekian banyak macam kegiatan berpikir tersebut, mungkin suatu saat orang harus melakukannya secara sistematis dan logis untuk mendapatkan sebuah kesimpulan atau keputusan. Klik disini untuk mendownload

No comments:

Add support


Support


Web Hosting
lazada.co.id
ExactSeek: Relevant Web Search