Pages

Friday, June 1, 2012

Kenakalan Remaja


1.1  Latar Belakang
            Perkembangan seorang remaja secara terus menerus akan selalu berkembang dan tidak akan mungkin dapat terulang atau di ulang kembali. Remaja adalah mereka yang berusia 13-18, dimana seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa, ia berada pada masa transis. Masa remaja merupakan masa yang rentan terhadap perbuatan-perbuatan yang kurang baik diakibatkan sikap mereka yang suka mencoba-coba pada hal yang baru. Pada perkembangan fisik remaja mulai nampak terutama pada bagian organ-organ seksualnya secara fisik, pada masa remaja pula mulai pembentukan hormon-hormon seksual sudah mulai terbentuk sehingga perilaku atau tingkah lakunya banyak di pengaruhi oleh hormon tersebut.
                Namun yang menjadi perhatian kita adalah pergaulan remaja pada zaman sekarang ini semakin lama terus memprihatinkan. Tindakan remaja itu tak lagi sebatas kenakalan yang dapat ditoleransi, tetapi telah mengarah pada tindakan kriminalitas. Keluhan terkait kenakalan remaja pun kian diperguncingkan. Masyarakat resah dengan penyimpangan perilaku itu. Saling tuding terhadap pihak yang bertanggung jawab pun tak terhindarkan.
            Sejalan dengan arus modernisasi dan teknologi yang semakin berkembang, maka arus hubungan antar kota-kota besar dan daerah semkain lancar, cepat dan mudah. Dunia teknologi yang semakin canggih, disamping memudahkan dalam mengetahui berbagai informasi di berbagai media, disisi lain juga membawa suatu dampak negatif yang cukup meluas diberbagai lapisan masyarakat. Bukan hanya kerusakan akhlak yang terjadi, namun ketika mengalami gangguan pada masa-masa remaja, rendahnya kualitas siswa jufa tak terelakkan.
            Untuk itu bimbingan orang tua terhadap anak pada seusia remaja sangatlah dibutuhkan agar mereka dapat tumbuh berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.Agar orang tua dapat memberikan bimbingan kepada anaknya, hendakknya orang tua mengetahui perkembangan fisik anaknya.
Dari latar belakang masalah permasalahan di atas, dapat di ambil rumusan masalah sebagai berikut:
1.              Apakah pengertian masa remaja?
2.              Apa saja permasalahan pada kenakalan remaja pada masa sekarang ini?
3.      Bagaimana cara penanggulangan dari permasalahan kenakalan remaja?



1.3  Tujuan
1.      Menjelaskan pengertian dari masa remaja
2.      Memberikan gambaran bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan remaja.
3.      Menjelaskan cara penanggulangan dari permasalahan kenakalan remaja

1.4  Manfaat
1.      Untuk mengetahui pengertian dari masa remaja
2.      Untuk mengetahui gambaran bentuk – bentuk kenakalan yang dilakukan remaja
3.      Untuk mengetahui cara penanggulangan dari permasalahan kenakalan remaja

No comments:

Add support


Support


Web Hosting
lazada.co.id
ExactSeek: Relevant Web Search